Konbanwa agan-san.. kali ini ane hadir dengan materi yg lumayan menarik, yak bukan menarik bajay, bukan.. ane mau post soal Membuat Vector Minimalist Design dengan Photoshop via Tracing.. ane mau cingcong sedikit soal penjelasan gapapa ya, kalo yg gamau boleh skip, tapi gadapet ilmunya :p ..

So first of all, agan pasti sering liat kan wallpaper Flat/Minimalist di google images? Yak.. kan ane lupa mau ngomong apa, pokoknya kita mau bikin begitu biar greget, jadi kita gak cuma jadi pasukan klik kanan save as.. 

nah sebenernya ada macem metode, bisa dengan agan gambar sendiri, trus agan scan dan agan recolor, bisa draw sendiri di Adobe Illustrator, dll.. nah kalo metode yg mau ane pake ini namanya metode “Tracing”. Apaan tuh tracing? Agan pernah kan, punya majalah/poster, terus agan taro HVS diatasnya, trus agan jiplak tuh gambar. Nah tracing itu kyk gitu..

Nah, di tutor kali ini alhamdulillah ane udah bisa main penti- eh, pentool maksudnya.. jadi ane bakalan contohin pake pen tool, buat yang masih kurang bisa/ ato malah gabisa sama sekali, bisa make Polygonal Lasso Tool, hasilnya akan beda walopun gak jauh.. oke lanjut ke tutornya gan..

*PS: buat yg ngikutin tutor ane sebelumnya pastinya gak akan lebih mudah dan lebih cepat paham & Kelarnya

Bahan”:
  • ·         Photoshop
  • ·         Gambar Wallpaper yg pengen agan minimalisir.disini ane mau tracing  gambar punya bang Squallec dari web https://squallec.wordpress.com/tag/tomori-nao/*PS: yg nanya kenapa tema tutor ane anime melulu. Ane weaboo gan.. kalo bukan masalah waifu ane, ane gak bakal semangat bikin tutornya..
  • ·         Kesabaran dan Ikhtiar
  • ·         Kopi

Model ane Kali Ini namanya Tomori Nao..
Oke, yg pertama harus disiapin pastinya baseLayer..

Nah, pertama” kita bikin seleksi, buat yg make penti-.. pen  tool, bisa ikutin ane.. selebihnya menyesuaikan ya :3



Nah, kalo udah begini, agan klik kanan > make selection > ok. Atau bisa dengan klik button selection yg ada di kiri atas..




Terus, karena seleksi udah ada, kita bikin layer baru, namanya "faceLayer". Fill layer tadi dengan warna kulit(bisa pake eyedropper(keyboard ‘I’ ) untuk mencocokan warnanya.).
Oke sampe sini kita udah dapet dasarnya, tinggal implementasiin ke bagian lainnya, ane skip ya..


biat yg selectionnya berantakan, kalo gak terlalu parah diemin aja dulu, ntar kita fix. kayak ane bikin selection di mukanya geradakan (yg mukanya geradakan jgn tersinggung).


Untuk setiap bagiannya ane pisahin pake grup.  Jadi, bagian atas ane grup jadi “Upper Body”, bagian bawah ane grup jadi “Lower Body”, bagian tangan dan kamera ane grup jadi “Camera”.
*PS: ane gak ambil bagian tasnya, ribed :v










Nah sampe sini kita udah dapet segini, pertama, bikin layer kosong dulu diatas layer “Background”, namain “backgroundLayer”.
Kalo udah, ilangin visiblenya layer “Background”, terus pilih layer “backgroundLayer”, fill pake warna. Bebas, seterah agan.

Sampe sini? Belum, kita rapihin dulu warnanya, pasti kan ada yg kelewat/kurang rapi warna bekas penti-.. pen tool kita tadi. Misalnya ini..



Bikin seleksi bebas, nah karena ini bagian atas, jadi kan layer dasarnya “outfitBaseLayer”, kita pilih “outfitBaseLayer”, bikin seleksi bebas, ambil warnanya si “outfitBaseLayer” (pake eyedropper tool), tiban aja warnanya pake brush tool.

Oke lanjut cari bug lainnya..



Oke.. sampe sini mungkin udah jadi.. Cuma ya standar, kurang waw, kurang wakwaw. Biar greget, kita bikin highlight. Tau highlight kan? Itu efek cahaya.. apalah namanya itu ane gatau, bodo amat lah. Lanjut aja coeg.. warna backround ane ganti, kurang masuk..

*PS: buat yg mau lanjut, ane saranin save disini dulu. Takutnya kyk ane barusan, nyokap ane masak nasi gak ngomong, anjlog, lepi ane mokad.. jadi walopun datanya ada recovered, tetep aja musti ngulang sedikit.. kan capek..

Masuk ke step highlighting, ane gak mau ribed, jadi ane ambil bayangannya pake gambar aslinya..
Waktu bikin selection pake pen tool, gausah takut keluar garis.. soalnya nanti kita Cuma copy bagian layer yg ada warnanya doing(yg bukan blank). Gak ngerti? Ane bingung jelasinnya coeg.. intinya gitu dah..

Kalo udah bikin selection, pilih layer  “hairLayer”, terus teken CTRL+J. kayak di tutor ane sebeumnya.


Gak keliatan apa”? emang, orang warnanya masih sama. Kalo udah pilih di menu atas Layer > Layer Style > Color Overlay. Warna highlightnya samain sama warna dasar layer rambutnya, tapi agak digelapin/diterangin. Ap tu yu sih gan. Btw tadi ane salah ambil warna buat rambutnya :p , jadi barusan ane ubah warna rambut aslinya.. untuk lainnya, warna highlightnya yg kita ubah..
Oke sampe sini udah paham kan. Tinggal kita ulang langkahnya di layer lainnya..

*PS: biar mempermudah, bikin group untuk tiap bagian. Misal: grup “hair” isinya “hairLayer”, “hairHighlight”, “hairHighlight2” dsb.



oke.. lanjutkan ya gan.. Mandiri lah, agan mau ane mandiin?









dan setelah bertapa di gunung kidul, vectornya jadi gini :3

Wokeh begini udah kelar gan.. keren kan? Masih kurang keren? Kita bikin lebih beda dari yg beda.. beda itu gak selamanya baik kok gan :3


Group semua group yg ada, terus double click group tadi, pilih “Drop Shadow”, atur “distancenya” .. 


daaaann.. BOOM! Mantavvv :3

hohoho.. kurang mantav? terserah agan sih mau berkreasi kyk gimana, tapi menurut ane sgini udah lumayan dahh.. biar orang berkata apa yg penting kita ngerjainnya sepenuh hati, ampe laptop mati gegara masak nasi kan.. oke gan sampe sini dulu pertemuan kita, bila memang kita ditakdirkan bersama, allah pasti akan mempertemukan kita pada waktunya. ja, mata ashita!

Link Raster:
Gambar Atas | Gambar Bawah