Oke, di tutor sebelumnya ane ngepost soal photoshop.. nah kali ini ane pengen ngeshare project kecil”an.. tau folder icon kan? Itu lho ngerubah icon di folder kita jadi seperti keinginan kita sendiri, kayak gini..

iconnya darimana? Download? Mainstream coeg :v mending bikin sendiri.. yok langsung aja.. berikut bahan”nya :
  • photoshop
  • folder icon base(googling)
  • gambar yg pengen agan jadiin folder icon(googling)
  • logo icon(googling, carinya yang formatnya PNG kalo memungkinkan)
  • kopi (dapur agan sendiri)#tsgakbecanda #tsserius

oke jadi pertama, buka file folder iconnya, formatnya png gan..



2. berikutnya gambar yg pengen agan jadiin icon..(drag n drop aja gambarnya), kemudian resize/atur sesuai ukuran basenya..



 

3.yang ketiga, klik gambar mata di layer kedua agan, terus klik layer base agan, trus pilih magic wand tool seperti di gambar ke2(klik kanan, pilih magic wand tool)..






4. selanjutnya, blok gambar yg kosongnya(diluar gambar base, bayangan juga termasuk), klik gambar kosongnya dulu, trus Shift+click bayangannya, biar selected area sebelumnya gak ke deselect. Kalo udah, klik gambar mata yg tadi, trus pilih layer keduanya lagi..

*ps: gambar ane invert, biar overlap di kepalanya, kalo mau invert juga, pilih edit di menu bar diatas > transform > flip horizontal, nanti gambarnya jd kayak ane.


kalo udah, pilih eraser tool di menu kiri..



5. klik eraser di sembarang tempat, pastikan layer ke2 udah kepilih, nanti akan muncuk message box kyak begini, pilih OK.. kalo udah, apus gambar yg diluar selected area (palanya jgn diapus gan, kesian..)




nah ini sengaja gak ane apus semuanya, soalnya ada tool berikutnya yg mempermudah kita ngalusin palanya bell kun(lu kira batu dialusin pfftt..)

5. di menu sebelah kanan ada logo lasso tool, klik kanan, pilih magnetic lasso tool.. sebelumnya biar selected areanya ilang, tekan CTRL+D dulu..






nah, trus agan pilih area yg mau dihapus (palanya jangan gan), kalo udah yakin, pencet delete di keyboard agan..






oke sejauh ini kita udah bikin begini gan



6. sruput kopi agan tadi :3..

seneng? Jangan seneng dulu. Kecewa? Jan baper, blom kelar.. oke move on ke step berikutnya..

6. oke step keenam ini sebenernya opsional, cuma biar keren, kita bikin efek bayangan.. agan mau ikutin sukur, gak ikutin yaudah..

di menu kiri ada gambar kotak” noh, nah pilih yg kotak, namanya rectangular marquee tool ato apalah itu..

kalo udah, bikin area kayak gini (di drag aja mosnya)..



7. di menu kiri, dibawah eraser tool ada gambar kotak, nah agan klik kanan, ganti jadi paint bucket tool, klik palet warna di pojok kanan atas, bikin jadi warna item..


kalo udah, klik dah di selected areanya..


sampe sini mungkin masih aneh, tapi jgn kecewa dlu..

7. ilangin selectednya (CTRL+D), bikin selected lebih besar kayak ane gini..


nah selanjutnya, agan liat menubar diatas, pilih menu Filter > Blur > Box Blur, nanti akan muncul pop up seperti ane..



atur radiusnya sesuka hati agan, cuma rekomendasi ane sampe kira” warna yang kereng sampe bener” ilang..


OK, CTRL+D..

8. selanjutnya kita punya bayangan gak jelas, selanjutnya bikin selected kira” sampe sebates bayangan yg dibawah (ane bingung jelasinnya tapi intinya begini),


pencet delete, kalo udah, ulangi step ke3, terus pencet delete(layer 1 selected ya)..


9. sruput lagi kopi agan :3

okee sejauh ini kita udah bikin begini



kelar? Belom gan, kita bikin lebih keren lagi..

10. pilih Magnetic Lasso Tool lagi, kali ini agan select rambutnya si bell..



kalo udah, delete(layer 1 ya gan.. layer 1..)..

nanti jadi begini..


udah hampir jadi sih, masih ada logo yg blm kita masukin :v  opsional sih..



11. masukin lagi gambar logonya (tadi ane saranin logonya PNG, nah untuk yg dapetnya JPG, ikutin step ini)..


select warna putihnya, apus..




12. berikutnya tinggal atur ukuran logonya. Jadi pilih layer logonya, trus teken CTRL+T, nanti bakal ada itu”annya(ane gatau apaan namanya), kalo udah, agan bisa atur sesuka hati agan..


13. sruput lagi kopinya gannn :D

nah finalnya nanti begini, tinggal di save..



14. save file nya tadi dalam bentuk PNG, cuma ane saranin agan tetep simpen file PSDnya(jadi 2 kali save), jadi misalkan ada yg agan mau ubah agan gk musti harus ulang dari awal..





oke.. sampe sini ubuntu user mungkin udah puas.. tapi buat windows user, agan musti harus convert file PNG ini dulu jadi ke format ICO. Bisa convert sendiri di http://convertico.com ato masih banyak aplikasi web yg menyediakan konversi dari PNG ke ICO.

oh iya, kenapa tadi ane suruh agan bikin kopi? Sebenernya itu biar kita ngerjainnya enjoy gan.. pendapat ane sih, sesuatu yg kita kerjakan dengan kaku, nantinya kalo ditengah perjalanan ketemu kendala, kita kesel, bisa jadi kyubi ntar.. #TSlebay #TSboong

jadi poinnya kalo kita enjoy, hasil yg akan kita dapat akan lebih baik gan. Begitu pengalaman ane sejauh ini, berhubung ane tukang ketik, ane sering ketemu kendala dalam menghadapi kode”an.. #TScurhat #TSbaperan #TSjgndibully

oke sampe sini pertemuan kita gan, sampe ketemu di pertemuan berikutnya